• Seputar Desa

Desa Bangelan berada di Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang. Desa Bangelan terbagi atas 4 Dusun, yaitu Dusun Bangelan, Dusun Arjomulyo, Dusun Sidomulyo, dan Dusun Kampung Baru. Batasan Desa Bangelan sangat jelas. Batas Desa sebelah Utara yaitu Desa Sumber Tempur Kecamatan Wonosari, Sebelah Selatan yaitu Desa Kromengan Kecamatan Kromengan, Sebelah Timur yaitu : Desa Kluwut Kecamatan Wonosari dan Sebelah Barat yaitu Desa Karangrejo Kecamatan Kromengan. Luas Desa Bangelan perkiraan sekitar 167, 20 ha. Dengan adanya batasan Desa Bangelan yang jelas akan mempermudah pengunjung apabila ingin berkunjung ke Desa Bangelan.

  • Demografi

Jumlah keluarga yang tinggal di Desa Bangelan tahun lalu adalah 1344 KK, Sedangkan jumlah keluarga yang tinggal di Desa tahun ini mengalami kenaikan yaitu 1409 KK. Jumlah keseluruhan penduduk di Desa ini 4461 Jiwa.  Bahasa sehari-hari penduduk Desa Bangelan yaitu Bahasa Jawa.

  • Komposisi Agama

Mayoritas penduduk di Desa Bangelan beragama Islam. Jumlah keluarga yang beragama Islam yaitu 4.348. Penduduk Desa Bangelan juga ada yang memeluk agama Kristen Protestan, yaitu dengan Jumlah 38 Keluarga. Jumlah Sarana Ibadah di Desa Bangelan ada 24. 23 yaitu Masjid dan mushola dan 1 Gereja Protestan.

  • Sarana dan Prasarana Pendidikan

Jumlah sekolah yang ada di Desa ini yait SD/Sederajat dan TK. Jumlah gedung sekolah yang ada di Desa yaitu 9 Buah. 5 Buah gedung untuk SD dan 4 Buah gedung untuk TK.

 

  • Kesehatan

Jenis Prasarana yang ada di Desa Bangelan yaitu PONKESDES. Jumlah tenaga medis di desa ini 2 orang. Tenaga medis tertinggi yang ada di Desa Bangelan yaitu Mantri dan Bidan desa. Frekuensi kunjungan dokter yaitu 1 kali dalam sebulan.Di desa ini masih ada penduduk yang menggunakan pengobatan tradisional. Penduduk mengambil bahan obat tradisional dari halaman rumah dan kebun.

  • Perhubungan

Masyarakat Desa Bangelan menjual hasil bumi di pasar. Jarak dari Desa ke pasar terdekat yaitu 15 Km. Pasar tersebut terletak di Kepanjen atau Sumberpucung.

Pasar tersebut hanya 1 kali dalam satu minggu.

Dari Desa Bangelan ke Kecamatan Wonosari yaitu 7 Km. Bisa ditempuh dengan menggunakan mobil dan sepeda motor. Selain itu juga bisa ditempuh dengan menggunakan jasa angkutan umum dengan tarif Rp. 8500 per orang.

  • Ekonomi Desa

Di Desa Bangelan terdapat KUD yang masih aktif. Kegiatan KUD yaitu Simpan Pinjam.

Prasarana dan Saprodi Pertanian

Di Desa Bangelan ada lahan irigasi. Prasarananya dinamakan irigasi semi-teknis. Luas irigasi tersebut yaitu 108.78 ha. Produk pertanian yang paling penting yang berada di Desa Bangelan yaitu Jahe, Kunyit, dan Kencur. Selain itu Ubi Kayu, padi, Kopi dan Tebu. Tanaman pertanian utama di Desa Bangelan ini yaitu Kopi dengan luas lahan 804 ha. Tanaman pertanian kedua yaitu Padi dengan luas lahan108 ha. Di desa ini sudah menggunakan pupuk/pestisida/fungisida. Hasil utama di Desa Bangelan bila dijual dalam bentuk kopi basah dan kering.

Kelompok Tani

Di Desa Bangelan ini sudah ada kelompok tani (formal) diantaranya yaitu :

Nama kelompok Tani Jenis tanaman Status Jumlah Anggota Laki-laki Jumlah Anggota perempuan
Karya Utama 1 Padi 27 6
Karya Utama 2 Kopi 15 10
Karya Sari Kambing 17 5
Karya Mulya Kopi dan kambing 34
Karya Baru Kopi dan Kambing 29

 

Peternakan

Jenis ternak di Desa Bangelan yang paling dominan yaitu Ternak Kambing dan Ayam. Jumlah keluarga yang memelihara kambing ada 982 KK. Sedangkan jumlah keluarga yang memlihara ayam ada 569 KK. Tidak hanya ternak kambing dan ayam, penduduk Desa Bangelan juga ada yang ternak sapi, jumlah keluarga yang memilhara sapi yaitu 116 KK. Selain itu,juga terdapat 2 keluarga yang memelihara Kerbau, 1 keluarga yang memlihara bebek, 3 keluarga yang memelihara walet, dan 3 keluarga yang memlihara puyuh.

Permasalahan Hutan dan Desa

Salah satu permasalahan hutan yang muncul yaitu masih ada pengambilan kayu oleh orang desa, dan permasalahn desa yang masih muncul yaitu persengketaan tanah dalam desa, wabah penyakit ternak,hama belalang, tikus, wereng.

Pariwisata

Potensi/tempat pariwisata di Desa Bangelan Kecamatan Wonosari yaitu sumber mata air Umbulan.